Jumat, 22 Februari 2019

Gambelan Bali – Alat Musik Tradisional Khas Budaya Bali



Gamelan Bali adalah ansambel yang terdiri dari sejumlah alat musik Bali. Orang-orang Bali lebih menyebutnya sebagai “gambelan“. Di artikel ini kita menggunakan cara penulisan dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah mengidentifikasi bahwa ini juga salah satu dari gamelan Nusantara, selain Gambelan jawa dan Gambelan sunda.
Gamelan Bali sangatlah khas terutama melalui bunyinya yang meledak-ledak, berkecepatan tinggi, serta bagian-bagian gending yang lebih dinamis. Ritme musik yang cepat terutama disebabkan oleh perangkat berbentuk seperti cymbal berukuran kecil yang biasa disebut Ceng-Ceng.
Alat musik Ceng-Ceng yang berbunyi nyaring dan dimainkan dengan cepat inilah yang menjadi pembeda dengan Gamelan Jawa yang cenderung lembut atau Gamelan Degung Sunda yang mendayu-dayu.
Selain itu, satu unsur unik dari Gamelan Bali adalah sistem pelarasan yang sangat tepat yang disebut ombak “dengung akustik”. Aturan getaran ini, terutama dalam gamelan perunggu menghasilkan dentingan yang khas.
Keunikan itu juga termasuk gema-getaran gong bersama alat lain berbilah perunggu yang datar yang ditahan oleh penguat suara bambu, sehingga secara umum mampu menghasilkan nada hingga 4-5 oktaf.

1 komentar: